Rabu, 16 Maret 2011

PROGRAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE UMMI LIVE DI RTV

 

Kamis pagi, jam 10.00 di RTv ada dialog bagus untuk disaksikan orang tua dan kita para pemerhati pendidikan terutama program pembelajaran al-Qur’an, pagi itu dua anak siswa memperagakan bagaimana dalam keseharian belajar membaca al-Qur’an dilakukan di SDIT Bintang cendekia, dua siswa itu adalah Ananda Anjas dan Ibnu dari kelas IV, kemampuan dua anak tersebut merupakan representasi dari 235 siswa SDIT Bintang Cendekia.

Pembelajaran dengan metode UMMI sudah berjalan sekitas sejak 3 tahun silam, tepatnya 2 tahun 9 bulan, usia ini memang masih terlalu muda untuk menjadi ukuran keberhasilan sebuah uji coba metodologi baru, tetapi hasil sementara yang dirasakan oleh sekolah sangat merasa optimis bahwa semakin bertambah usia sekolah dengan melakukan percepatan-percepatan kemampuan pengajaran uotput akan lebih optimal.

SDIT Bintang Cendekia sangat yakin akan keberhasilan meodologi UMMI karena menganalisa pembelajaran UMMI di SDIT Al-Hikmah Surabaya yang didalamya dipakai metode yang sama dan lihatlah pengantar pengarang Metode UMMI Ust, Ahmad Yusuf MS :

Saat ini banyak sekolah islam yang berorientasi pada kualitas, hadir di tengah masyarakat yang sadar akan pentingnya pendidikan islam yang bermutu bagi anak-anaknya. Sekolah-sekolah tersebut berlomba untuk memberikan jaminan kualitas lulusan yang mereka janjikan pada wali murid kemampuan membaca Al Quran dengan tartil pada setiap anak.

Berarti para pengelola sekolah tersebut membutuhkan suatu sistem pengajaran Al Quran yang secara manajemen mampu memberi jaminan bahwa setiap siswa yang lulus dari sekolah mereka dipastikan dapat membaca Al Quran dengan tartil.

Metode Ummi hadir untuk mememenuhi kebutuhan itu. Metode Ummi adalah suatu sistem yang terdiri dari 3 komponen sistem :Buku Praktis Metode Ummi,Manajemen Mutu Metode Ummi, dan Guru Bersertifikat Metode Ummi . Ketiganya harus digunakan secara simultan jika ingin mendapatkan hasil yang optimal dari metode ini.

Metode Ummi lahir diilhami dari metode-metode pengajaran membaca Al Quran yang sudah tersebar di masyarakat, khususnya dari metode yang telah sukses mengantarkan banyak anak bisa membaca Al Quran dengan tartil. Metode Ummi ini kami rencanakan untuk terus menerus dievaluasi dan dikembangkan, karenanya kritik dan saran dari para pengguna dan pembaca sangat kami harapkan. Semoga Allah Swt meridhoi langkah kecil ini. Amin

Ingin lihat bagaimana siswa BC baca UMMI saksikan ......

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar